Water Heater Solar Cell Memiliki Banyak Keunggulan

Water Heater Solar Cell Apa sih sebetulnya ? Sebetulnya alat ini merupakan pemanas air yang memiliki tingkat efisiensi paling tinggi di Indonesia. Hal tersebut disebabkan letak geografis Indonesia yang berada di garis khatulistiwa. Sehingga, karena mendapatkan panas ataupun cahaya matahari melimpah, maka penggunaan dari energi ini pun dapat dipakai menjadi alternatif terbaik untuk menjadi alat pemanas air.

Dengan memakai alat pemanas air yang menggunakan tenaga matahari, tentunya penghematan biaya yang dikeluarkan pun sangat terasa. Sehingga pengeluaran yang seharusnya dipakai untuk membayar listrik ataupun pembelian gas dapat digunakan untuk biaya lainnya. Jika memutuskan memakai pemanas air jenis ini maka pastikanlah untuk ikuti tips berikut:

Tips Mudah Memakai Water Heater Jenis Solar Cell

  1. Design Solar Water Heater

Water heater merupakan pemanas air yang berjenis central, karena setiap penyimpanannya akan terpusat pada satu titik yaitu atap bangunan. Kontruksi yang masih berkaitan peletakan dari unit water heater solar adalah hal yang paling krusial sebab terdapat dua cara dalam meletakkan. Yaitu berada di genteng atau pada bagian dak beton. Sehingga yang harus diperhatikan adalah area yang dipakai apakah memiliki kekuatan yang bagus untuk ditempati water heater solar cell.

  1. Kapasitas Solar Water Heater

Menentukan kapasitas dari penggunaan, adalah hal yang paling penting sebelum membeli water heater. Alat pemanas seperti ini memang memiliki perhitungan yang berbeda dengan pemanas elektrik dan juga pemanas air gas. Karena tenaga matahari yang dipakai sebagai sumber daya maka perhitungannya adalah 2 kali dari penggunaan pada umumnya.

water heater solar cell

Maksudnya ialah, panas matahari hanya dapat dihasilkan dari jam 10 sampai jam 3 sore dan selebihnya adalah hanya hangat atau tidak dapat mentransfer panas dengan baik. Sehingga jam pemanasan tersebut akan dibutuhkan air panas untuk dua kali mandi yaitu pagi hari dan juga sore hari. Jika menggunakan alat pemanas air jenis ini maka Anda harus menghitung dengan dua kali mandi ya.

Baca Juga : Water Heater Hal Yang Wajib Anda Ketahui.

Jika memiliki anggota keluarga sebanyak 5 orang, semua anggota keluarga tersebut mandi dua kali sehari. Maka proses perhitungan adalah 5 orang x 15 liter (ataupun rata-rata jumlah mandi standar) x 2 kali maka hasilnya adalah 150 liter. Jadi 150 liter itu adalah yang paling cocok untuk keluarga yang anda miliki.

  1. Material Pendukung

Water heater solar tentu tidak akan terlepas dari material pendukung. Hal seperti ini patut untuk diperhatikan mengenai apa saja material yang dibutuhkan. Untuk yang pertama tentu saja merupakan sumber air, sangat disarankan untuk memakai sumber air dari air PAM ataupun air tanah yang telah di filter yang kemudian telah ditampung pada toren air.

Kemudian setelah dari toren air, jika peletakan dari unit pemanas air tersebut sejajar dengan toren air maka akan diperlukan pompa pendorong air dingin agar bisa masuk ke dalam alat pemanas air tersebut. Hal seperti ini dapat dibuat cabang dengan distribusi air bersih, alhasil tekanan pada keran air akan menjadi sama diantara kran air panas dan juga kran air dingin.

Sedangkan untuk material lainnya adalah penggunaan dari pipa air panas, pipa yang paling disarankan adalah pipa jenis PPR. Yang mana untuk pipa ini memang sangat bagus dikarenakan kualitas serta insulasi suhu air yang sangat baik. Untuk yang terakhir adalah masalah kabel backup listrik dengan MCB yang harus ada pada lokasi yang mudah untuk dijangkau. Hal ini memiliki tujuan ketika berada dalam keadaan darurat seperti cuaca yang mendung dan hujan selama berhari-hari. Sehingga nantinya penggunaan dari air panas pun akan bertambah.

  1. Merk Solar Water Heater

Sedangkan untuk tips yang terakhir adalah mengenai masalah merk water heater solar cell. Memang tak dapat dipungkiri jika brand merupakan salah satu tolak ukur yang paling penting ketika menentukan pembelian barang apapun. Sebuah peran yang baik tentu memiliki hal yang spesial di dalamnya, misalnya saja pabrikan otomotif pabrikan dari sebuah teknologi yang.

Ketika Anda memutuskan untuk memakai water heater solar cell, artikanlah untuk memilih peran yang memang merupakan spesialis dalam bidang produksi pemanas air. Di mana hal tersebut akan membuat kualitas dari water heater semakin bagus.

Keunggulan Water Heater Solar Cell.

Keunggulan Yang Utama Dari Water Heater Solar Cell Adalah Penggunaan Energi Matahari Sebagai Sumber Pemanas Air Untuk Kamar Mandi Menjadi Sangat Murah. Berbeda Dengan Water Heater Elektrik Atau Water Heater Listrik Serta Water Heater Gas. Indonesia Merupakan Negara Dengan Sinar Matahari Yang Berlimpah Sepanjang Tahun Sehingga Penggunaan Water Heater Solar Cell Di Rumah Anda Akan Sangat Hemat Dari Segi Biaya.

  • Kolektor plat datar tanpa glasir

Tengang jenis yang pertama adalah water heater yang gunakan kolektor plat datar tanpa glasir. Untuk kolektor seperti ini tidak menggunakan isolasi ataupun penutup kaca. Konektor jenis ini pada umumnya akan dipakai pada pemanas air untuk kepentingan kolam, pembudidayaan pertanian bahkan sampai keperluan pada perjanjian mobil.

Yang dimiliki dari penggunaan kolektor pelat datar tanpa glasir ialah biaya yang dibutuhkan dalam pemeliharaan tidak terlalu banyak. Kemudian biaya pemasangan juga tergolong jauh lebih murah. Namun, kolektor plat datar tanpa glasir ini juga memiliki kelemahan yaitu kurang efisien. Banyak bisa diaplikasikan saat musim kemarau.

  • Kolektor plat datar pakai glasir

Kemudian terdapat kolektor pelat datar yang menggunakan glasir pada pemanas air solar cell. Kolektor seperti ini mempunyai beberapa bagai macam komponen penting. Diantaranya adalah pipa, kaca, isolasi, frame, tembaga, aluminium dan lain sebagainya. Mengenai kolektor jenis seperti ini banyak diaplikasikan pada rumah-rumah pribadi.

Mengenai keuntungan ketika memakai kolektor seperti ini adalah biaya operasional dan juga pemeliharaannya juga cukup rendah. Kemudian kolektor ini mampu diaplikasikan sepanjang tahun bukan hanya di musim panas saja, bahkan dapat dipakai pada saat malam hari. Kemudian untuk instalasinya bisa bertahan lama dikarenakan dibuat permanen.

  • Kolektor Evacuated-tube

Untuk yang terakhir merupakan jenis kolektor evacuated-tube yang memang diaplikasikan pada water heater solar cell. Untuk kolektor seperti ini biasanya mempunyai bentuk tabung dengan pemakaian material kaca tunggal. Kemudian alat pemanas seperti ini juga akan dilengkapi pelat yang dipakai untuk menyerap panas. Mengenai tabung kaca yang ada pada kolektor ini memiliki fungsi menjadi absorber.

Keuntungan dari adanya kolektor seperti ini untuk pemanas air solar cell mampu menyerap panas dengan sempurna, yang pasti untuk biaya perawatan dan juga operasionalnya juga terbilang cukup rendah. Karena instalasinya dapat digunakan secara permanen, tentu penekanan biaya akan lebih maksimal. Namun, para pengguna harus mengeluarkan banyak biaya Karena untuk kolektor seperti ini sangat mudah terpengaruh oleh lingkungan. Kemudian fungsi desain juga cukup terbatas sehingga wajib diberikan vertikal.

Nah, jika Anda merupakan pengguna air hangat untuk mandi maka pemanas air solar cell adalah pilihan yang sangat tepat. Dimana Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya, dan Anda pun bisa nyaman dan aman ketika mandi dengan air hangat. Pastikan untuk memperhatikan hal-hal di atas sehingga tidak salah saat pembelian water heater.

Leave a Reply

Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124