Water Heater Gas Lebih Aman Atau Tidak?

Water Heater Gas – Bingung ingin membeli water heater jenis apa? Biasanya orang-orang lebih memilih untuk menggunakan water heater gas dan juga water heater elektrik. Water heater ini merupakan pemanas air yang paling cocok dipasang pada rumah pribadi ataupun apartemen pribadi. Karena setiap orang tentu membutuhkan mandi air hangat agar tubuh bisa lebih nyaman.

Jika membicarakan masalah keamanan, tentu saja water heater gas cukup aman jika penggunaannya telah sesuai dengan ketentuan. Maka dari itu, akan lebih baik jika Anda mengikuti ulasan mengenai tips berikut ini:

Langkah Mudah Dapatkan Water Heater Gas Aman

  • Ukuran Tangki Water Heater

Bukan menjadi rahasia lagi jika ukuran dari satu tangki water heater akan berbeda-beda karena menyesuaikan kebutuhan masing-masing rumah. Maka dari itu jangan sampai salah untuk memilih tangki heater gas yang terlalu besar sehingga proses pengisian tangki akan memakan waktu lama.

water heater gas apakah aman
img source : pgimgs.com

Contohnya saja ketika Anda memilih tangki 15 liter untuk rumah yang dihuni oleh 2 orang. Sedangkan untuk pemilihan dari tangki yang besar yaitu sekitar 30 liter, cocok dipakai oleh keluarga yang memiliki sekitar 3 hingga 4 orang.

  • Mempertimbangkan Sistem Keamanannya

Wajib untuk dipertimbangkan dalam tips membeli water heater gas. Water heater yang aman dipakai oleh ibu hamil ataupun anak-anak. Pemilihan water heater yang menggunakan sistem keamanan berlapis sangat disarankan karena mampu meminimalisir terjadinya kebocoran gas. Seperti ini wajib untuk diingat ya, karena keamanan dari keluarga adalah nomor satu.

  • Pilih Water Heater yang Bergaransi

Dengan memastikan adanya garansi pada produk water heater gas, tentu hal tersebut akan menguntungkan para pembeli karena jika terdapat kecacatan pada produk dapat ditukar kembali dengan produk yang baru. Kemudian untuk water heater gas yang telah memiliki garansi pasti memiliki daya tahan yang lama pula, yang bahkan daya tahannya bisa mencapai 10 tahun. Kemudian pada saat garansi masih berlaku servis pada water heater gas tidak akan dikenakan biaya apapun.

  • Memperhatikan Instalasi Pipa di Rumah

Walaupun terlihat cukup sepele, instalasi pipa yang dipasang secara asal-asalan tentu hal tersebut akan memberikan pengaruh pada kelancaran water heater dalam bekerja. Maka dari itu, pastikanlah terdapat dua instalasi pipa yang terpasang. Yang pertama adalah pipa air panas dan yang kedua merupakan pipa air dingin. Dengan aliran air yang berbeda tentu water heater bisa bekerja dengan baik.

Akan jauh lebih baik ketika meletakkan water heater gas berdekatan dengan shower. Sehingga nantinya jalan air ke water heater akan jauh lebih cepat.

  • Perhatikan Masalah Daya Listrik Rumah

Terdapat satu hal yang tidak boleh terlupakan yaitu memperhatikan masalah dalam daya yang dipakai. Untuk water heater yang menggunakan listrik tentu saja akan membuat tagihan listrik perbulan semakin membengkak. Namun hal itu akan berbeda ketika Anda menggunakan water heater gas. Yang bisa dipakai selama 1 bulan dengan biaya yang tidak terlalu mahal.

Pemakaian Pemanas Air Gas Cukup Aman

Banyak orang yang mempertanyakan apakah pemanas air dari gas ini cukup aman? Sebetulnya water heater yang menggunakan gas ini sangat aman karena telah dilengkapi dengan adanya sistem pengamanan yang cukup baik. Apabila dipakai pada rumah yang telah biasa memakai kompor gas untuk memasak, penggunaan pemanas air gas ini tidak menjadi hal yang perlu dikhawatirkan.

Baca Juga :

Karena prinsip kerja dari water heater gas ini sangat mirip dengan kompor gas. Pemanas air memiliki tenaga gas yang hampir sama seperti paloma dan wasser. Kemudian juga telah memakai sistem pengaman ods atau oksigen depletion safety device.

Sistem seperti ini akan menjadikan aliran gas secara otomatis mati apabila api padam. Atau jika saja terdapat pembakaran yang tidak sempurna yang dapat mengakibatkan keracunan. Apabila oksigen yang diperlukan untuk pembakaran pada kamar mandi berkurang, unit secara otomatis dapat menutup saluran gas sehingga produksi gas karbon dioksida dapat terhenti. Artinya kemungkinan-kemungkinan keracunan gas karbon dioksida pun dapat dicegah dengan.

Kemudian alat seperti ini memang sudah terdapat proteksi dari adanya kegagalan pembakaran, panas ataupun terdapat sebuah tekanan yang terlalu berlebihan pada tangki.

Jauh Lebih Praktis

Bisa dikatakan jika jenis pemanas yang menggunakan gas ini jauh lebih praktis. Karena bisa digunakan kapanpun dan tidak akan tergantung pada listrik apapun udara yang mendung. Jadi pada saat malam-malam tanpa adanya sinar matahari ataupun ketika mati lampu, water heater ini dapat digunakan dan bisa mengeluarkan air hangat.

Namun hal ini akan berbeda jika menggunakan water heater yang menggunakan listrik. Karena air hangat tidak dapat dihasilkan ketika listrik mati ataupun cuaca yang cerah mendung.

Tipe-Tipe Water Heater Gas

Setelah Anda memahami keamanan dimiliki oleh water heater gas. Maka berikut ini adalah tipe-tipe dari pemanas air gas yang wajib Anda tahu:

  • Water heater tipe tangki

Untuk tipe yang satu ini biasanya akan dipakai dalam memproduksi air panas dengan jumlah yang banyak. Sehingga nantinya air panas dapat tersedia setiap saat. Akan tetapi pemakaian gas cenderung lah jauh lebih boros.

  • Water heater tangki dalam ruangan

Kedua, terdapat water heater tangki yang ada di dalam ruangan. Bisa dikatakan untuk tipe yang satu ini jauh lebih hemat dibandingkan sebelumnya. Karena memiliki cara kerja yang simpel yaitu keran air harus dibuka ketika dipakai. Sehingga instalasi dari water heater gas ini bisa ditanam pada tembok.

  • Water heater tanpa tangki luar ruangan

Sedangkan pada jenis ini, adalah pemanas air yang tidak memakai tangki lalu harus disimpan pada luar ruangan. Mengenai cara kerja dari water heater ini sendiri hampir sama dengan pemanas air tanpa tangki yang akan dipasang di dalam kamar mandi. Karena sebagian instalasinya harus ditanam pada tembok.

Cara Kerja Water Heater Gas

Ketika Anda berencana untuk memasang water heater gas maka ketahui terlebih dahulu bagaimana cara kerjanya. Karena cara kerja adalah hal yang paling dasar untuk bisa membuat water heater bekerja dengan baik. Cara kerjanya ialah:

  • Keran air panas harus dibuka
  • Air dingin akan mengalir dan juga terdeteksi oleh flow sensor
  • Burner akan menyala, bagian yang hampir sama seperti kompor ini memanaskan heat exchanger
  • Air dingin akan bersirkulasi melalui fitur heat exchanger
  • Pada saat kran air panas telah tertutup dan air sudah berhenti mengalir, maka flow sensor tidak akan mendeteksi adanya aliran air
  • Burner secara otomatis akan mati dengan sendirinya

Ingin mandi air hangat setiap hari dan tidak perlu lagi ribet memanaskan di kompor, maka penggunaan water heater gas adalah pilihan yang sangat tepat. Anda bisa merasakan sensasi nyaman ketika berendam dengan air hangat yang berasal dari alat pemanas air.

Leave a Reply

Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124