Perumahan Syariah

Perumahan Syariah menjadi salah satu primadona bisnis property di Indonesia saat ini. Banyak sekali developer syariah yang mengembangkan perumahan syariah di berbagai wilayah Indonesia. Seiring dengan itu, makan jumlah agen property syariah juga meningkat, yang bekerja sama dengan para developer syariah untuk memasarkan produk-produk property syariah seperti perumahan syariah.

Bisnis Perumahan Syariah

Banyak orang yang bertanya mengenai bagaimana cara menjalankan bisnis perumahan syariah yang memberikan banyak keuntungan melimpah. Hal ini memang menjadi pertanyaan yang selalu membayangi para pemula ketika ingin berbisnis dalam bidang properti. Mengingat bahwa untuk bisnis properti memang menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan melalui keuntungannya yang tidak diragukan lagi.

Namun sayangnya ada beberapa orang yang beranggapan bahwa berbisnis properti seringkali terdapat unsur riba. Hal ini berhubungan pada proses bunga, cicilan, maupun keuntungan yang bersifat berlipat ganda. Untuk menghindari hal tersebut, maka banyak masyarakat yang tertarik untuk menjalankan bisnis properti syariah seperti perumahan.

Langkah Awal Memulai Bisnis Perumahan Syariah

Ternyata berbisnis properti syariah banyak diminati oleh para masyarakat, khususnya yang memegang unsur syariat Islam. Meskipun properti yang dijalankan tersebut menggunakan unsur syariah, akan tetapi untuk kedua belah pihak yaitu antara pembeli dan penjual sama-sama mendapatkan keuntungan.

perumahan syariah bisnis property masa depan

Apabila Anda tertarik ingin memulai sebuah bisnis perumahan syariah, ada beberapa hal penting yang bisa Anda lakukan, diantaranya seperti berikut:

1. Mencari Konsultan Bisnis Terlebih Dahulu

Pada saat Anda ingin menggunakan prinsip syariah pada perumahan yang menjadi bisnis Anda, maka yang harus dilakukan yaitu mencari konsultasi bisnis yang lebih berpengalaman mengenai prinsip syariah terlebih dahulu. Sebagai pelaku bisnis properti, tentunya harus mengetahui ilmu dasar dari jual beli sesuai syariah islam.

Silahkan menanyakan banyak hal berhubungan dengan bisnis properti yang hendak dijalankan kepada pihak konsultan. Nantinya konsultan akan memberikan saran sekaligus masukan yang berhubungan pada bisnis. Dengan begitu, Anda pun dapat mengambil keputusan secara bijak.

2. Memeriksa Kelengkapan Legalitas

Melakukan pemeriksaan dari kelengkapan legalitas harus diperhatikan dengan baik ketika Anda ingin memulai bisnis properti syariah. Hal ini pun juga berlaku bagi para pelaku bisnis properti konvensional.

Memeriksa kelengkapan legalitas menjadi prioritas yang wajib dilakukan. Apabila legalitas mengalami permasalahan, tentu saja bisnis properti yang Anda jalankan pun juga bermasalah. Hal ini dikarenakan apabila legalitasnya tidak jelas tentunya perjanjian dari pembangunan proyek pun juga tidak bisa diterbitkan.

3. Sediakan Modal

Membahas mengenai modal tentunya Anda harus mengeluarkan modal yang tidak sedikit. Kelancaran dari pembangunan properti akan sangat dipengaruhi dengan modal yang Anda miliki. Jangan sampai kehabisan modal, karena jika modal habis, tentunya akan sangat berpengaruh terhadap bisnis yang Anda jalankan.

4. Pemilihan Lahan

Pemilihan lahan juga penting dipertimbangkan sebelum menjalankan bisnis properti. Pastikan bahwa lahan yang Anda pilih tersebut berdekatan dengan rumah ibadah bagi kaum muslim atau masjid. Sebaiknya hindari pemilihan lokasi yang mempunyai lingkungan buruk atau mengandung unsur haram. Misalnya saja dekat dengan lingkungan prostitusi, peternakan babi, penjual minuman keras ataupun lingkungan yang jauh dari kata syariat Islam.

5. Prinsip Perjanjian

Prinsip perjanjian yang harus diterapkan di dalam bisnis perumahan syariah yaitu dengan menganut jual beli secara syariah. Dalam memulai bisnis properti secara syariah tentunya harus terlepas dari berbagai hal yang mempunyai unsur ribawi. Sebab itu kedua belah pihak, yaitu penjual dan pembeli harus memegang prinsip syariah. Dengan begitu keuntungan bisa dirasakan antara penjual dan pembeli.

6. Strategi Soft Launching Perumahan Syariah

Jika sekiranya Anda sudah menemukan lokasi yang tepat untuk pembangunan properti perumahan, maka selanjutnya harus merencanakan serta mengatur strategi soft launching. Karena sistemnya syariah, maka ketika menggunakan strategi launching Anda tetap harus berpegang teguh pada unsur Syariah. Soft launching yang bisa dilakukan yaitu seperti melalui brosur yang menuliskan bahwa perumahan terbebas dari riba.

Keuntungan Menjalankan Bisnis Perumahan Syariah

Dari dulu hingga sekarang, menjalankan bisnis dalam bidang properti memang mampu memberikan banyak keuntungan. Meskipun modal yang dikeluarkan tidak sedikit, akan tetapi untuk keuntungan yang ditawarkan pun juga tidak perlu dipertanyakan lagi. Berikut ini keuntungan ketika Anda menjalankan bisnis perumahan dengan unsur syariah, yaitu:

1. Resiko yang Lebih Rendah

Berbisnis properti perumahan mempunyai risiko yang jauh lebih rendah apabila dibandingkan pada jenis investasi dalam bentuk saham. Salah satu alasannya yaitu nilai pergerakan dari properti mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Oleh karena itu tingkat kerugian pun akan lebih kecil. Dengan hal ini maka para pelaku bisnis properti bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda.

2. Keuntungan yang Terus Meningkat

Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa properti mempunyai nilai yang akan mengalami peningkatan pada setiap tahunnya. Bahkan untuk tingkat kenaikan tersebut melebihi dari perkiraan, sehingga saat Anda membangun properti di tahun ini dan menjualnya di tahun depan tentunya tidak akan mengalami kerugian. Justru akan mendapatkan limpahan keuntungan. 

3. Terlihat Secara Fisik

Berbisnis dalam dunia properti memang menjadi salah satu bisnis yang berbeda dibandingkan dengan bisnis yang lainnya karena bentuknya yang terlihat secara fisik. Oleh karena itulah jenis investasi properti ini semakin banyak diminati oleh masyarakat. Terutama bagi masyarakat yang ber uang, karena memang untuk modal yang dikeluarkan dalam bisnis properti tidaklah sedikit.

4. Dapat Dijadikan Sebagai Investasi Jangka Panjang

Berinvestasi jangka panjang bisa dilakukan dengan menjalankan bisnis properti. Tentunya hal ini menjadi peluang yang sangat besar bagi diri seseorang yang ingin mengalokasikan dana nya. Hal ini dikarenakan properti mempunyai sifat yang mampu bertahan lama dan tentunya tidak mengurangi harganya, justru akan bertambah.

5. Dengan Perumahan Syariah Terbebas Dari Riba

Perumahan syariah yang Anda jalankan tersebut sudah pasti akan terhindarkan dari riba. Dengan hal ini Anda tidak hanya menemukan keuntungan dari segi materi saja. Akan tetapi juga akan terhindar dari dosa akibat riba. Melalui unsur syariah  inilah yang secara tidak langsung dapat menjauhkan pihak investor supaya terhindar dari ancaman azab, baik itu di dunia ataupun di akhirat.

6. Keamanan Yang Lebih Terjamin

Perumahan dengan unsur syariah tidak hanya menjauhkan Anda dan investor dari ancaman azab dunia dan akhirat saja. Akan tetapi untuk keamanan pun juga akan jauh lebih terjaminkan. Hal ini dikarenakan untuk prinsip syariah ini tidak memiliki gharar yang mana gharar memiliki arti penipuan maupun pemberitahuan yang dapat menyesatkan. Sehingga seringkali para investor mengalami kerugian atas tindakan penipuan.

7. Mampu Memberikan Pendapatan Tetap

Pendapatan yang diperoleh dari bisnis properti yang Anda jalankan tentunya tidak perlu diragukan lagi, karena bisa memperolehnya secara tetap. Dengan hal ini maka untuk modal yang sudah dikeluarkan akan lebih cepat kembali. Meskipun modal tersebut tidaklah sedikit namun setidaknya Anda bisa menggunakan modal tersebut untuk pembangunan properti di tempat lain.

Secara finansial menjalankan bisnis perumahan syariah memang mampu memberikan banyak keuntungan. Terlebih lagi menggunakan sistem syariah seperti saat ini, mempunyai jumlah peminat yang lebih besar jika dibandingkan dengan bisnis properti konvensional. Untuk itu apabila tertarik untuk menjalankan properti dengan unsur syariah maka silahkan memperhatikan ulasan di atas sebaik mungkin.